Programming

C++ Program perkalian matrik 3×3…..

Kemaren malem adalah malem dengan perjuangan keras. Begadang lagi… bikin tugas lagi…. Kaya biasa, pak Wira ngasi tugas lagi. Dan sbg mahasiswa yang “matabonusan”, (varian baru dari “mataduitan”) gw bersikeras ngerjain tuh soal…. Susah, tapi akhirnya bisa.!! Abis pencarian yang lama di Mbah-Mbah (baca : Google), trus bereksperimen dengan hasil temuan, trus gabungin tiga macem program jadi satu, akhrinnya programnya jadi juga….

Baca lebih lanjut

Iklan
Standar
Corat-coret

Kematahan tak terperih, Ohouooo…..

Pulang kuliah, mood gw lagi bagus”nya. Soalnya td bisa jawab UTS PTI (eheemmm). Iseng buka FB, lah ketemu sama temen lama (one of the best if I may say). Dan terjadilah hal itu….

kira” gini :

STATUSΒ  (gw yang nulis) :

Arik Sasmita
UTS udah lewat.... ANTRIAN BERIKUTNYA!!!!!!???
Ulzzang Yumi Aquillo
Saya, pak!
Arik Sasmita
yak, masalahnya apa nak?
Sebut Saya Sena
Slnjut na kk arik akn mmbrikan 10jta kpd sya
Arik Sasmita
dan setelah itu saya akan menghajar anda.....

(nguber Ari Wirasena)
Ulzzang Yumi Aquillo
Kenapa saya akhr2 ni suka matah gak jelas gt pak?
Arik Sasmita
hmmm, sepertinya kamu kekurangan zat pematang alami....
(bahasa indonya "karbit" apaan yak). Sering"lah ngomong yang garing"
dengan temenmu nak, maka kau akan jadi kacang goreng.... (lho!)
 Sebut Saya Sena
Ah.. Tdak.. Aq d uber"

tlong....

Kk arik uyut
Ulzzang Yumi Aquillo
dan sesudah saya jadi kacang goreng maka...?
*ktawa guling2 baca komen mu*
Arik Sasmita
kemungkinan besar kamu bakal diinvestasikan
di sebuah perusahaan yang menangani boga
khas Bali nak.....
(tipat cantok maksudnya.....)
namun saat itu kamu tidak akan garing lagi,
malah berubah jadi manis atas kerjasama dari
saudara tua asal kota Kedelai ("kecap"),
namun efek sampingnya, kamu akan berevolusi
cari semacam cairan hitam.....
(deuuhh, mengarang bebas mode :ON)
Sebut Saya Sena
Owh...

Skarang kk arik hobi nglawak y?
Arik Sasmita
yah, bisa dibilang begitu.....
STRESSS GW SAMA TUGAS ALGORITMA!!!!
Ulzzang Yumi Aquillo
Aku bisa terima meski harus terluka -
karena q terlalu mengenal hatimu...

*lagu TANGGA gk nyambung mode : ON EVERYTIME!*
Arik Sasmita
(bingung mau jawab apaan. Stok guyonan abis....
Ntar yak, mau beli di C-K sebelah dulu....)
Ulzzang Yumi Aquillo
Me too.

Tar matah kalo dpaksain.
Sebut Saya Sena
Owh tgs algoritma...

Kyk na aq bsa...
Arik Sasmita
hihi, mengakui kematahan yang benar" matah.....
ya sudah, mari kita "sekeb" bersama....
2 hari lagi pasti mateng kok...
Td sempet beli "karbit toh?" (lho)
Sebut Saya Sena
Imajinasi expres...

Bsa pgi kll dunia

Tiket gratis hnya prlu tnaga hanyal...

Dan anda hnya prlu mnghyal mo prgi kmn
Arik Sasmita
INDIKASI :

untuk gejala kronis "kelebihan berpikir" serta
adanya gejala "susah berpikir waras"
KONTRA INDIKASI :
timbul tanda" kegilaan bagi orang yang tidak
kuat imannya. hati"lah nak....... 
BILA SAKIT BERLANJUT, HUBUNGI DOKTER....
Sebut Saya Sena
LARANGAN:

Jauhkn dr jangkauan org" yg msh waras...

Tdk co"k ntk ibu hamil, bru mlahrkn..

Untk pra pcandu ni co"k sx
JIAKAKAKAAKK....
gak punya kerjaan bgt yak kita, nulis
ginian tengah malem.... hohohohho

Begitulah, emang akhir” ini banyaak bgt tugas sam kerjaan… πŸ˜€

Standar
Techno

Ubuntu, Linux untuk semua

Bicara soal Linux memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain karena sifatnya yang Open Source / Bebas, performa dan kapabilitasnya dalam mengoperasikan sebuah komputer juga sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, tersedia ratusan macam Distro Linux untuk dicoba sebelum benar-benar memutuskan pada “pinguin” mana komputer anda akan dipercayakan. Dan tentunya, tanpa biaya sepeserpun… πŸ˜€

Ubuntu adalah salah satunya. Distro Linux turunan dari Debian ini termasuk dalam sistem operasi linux terbanyak yang dipakai oleh pengguna komputer. Kisaran angka yang diperoleh Ubuntu dalam survey Linux desktop yang dipakai oleh pengguna linux mencapai 30%. Perkembangannya disokong oleh organisasi besar dari Afrika Selatan, Canonical Ltd.

Tentang Ubuntu

Ubuntu_logoUbuntu sendiri hadir pertama kali pada 20 Oktober 2004. Cirikhas dari Ubuntu adalah pada setiap rilisnya diberi codename yang unik. Codename tersebut biasanya memiliki dua kata, kata pertama merupakan kata sifat, dan kata kedua merupakan nama hewan. Konsonan dari kedua kata tersebut diurut berdasarkan alphabet (kecuali Ubuntu Warty Warthog & Hoary Hedgehog). Selain itu, release code dari Ubuntu mengikuti siklus 6 bulanan, bulan April dan Oktober, sedangkan untuk technical support dan update selama 18 bulan.Β  Untuk lengkapnya, lihat tabel di bawah.

Baca lebih lanjut

Standar
Corat-coret

adaptasi, weleh weleh……

PS :
mulai sekarang kata gw dicoret!!!! GW dan diganti sama “tiang” (saya : bhs Bali) Soalnya aneh aja pas temen” seperjuangan” baca blog ini, trus balesnya pake “gw” ama “elo”. It just, well, you know…. weird…. (for me) πŸ™„

Well, hello again guys !!! (entah ada yang baca ato gak, teteup nyapa). Seperti biasa, kaya di postingan sebelum-sebelumnya, tiang bakal nulis kalimat yang sama bwt pembuka….

“Wuiiiiih, udah lama bgt gak nulis!!!!” (pake gaya super duper imoetnya Fitri Tropika) :mrgreen:

Haha, yah begitulah. Minggu-minggu belakangan tiang lagi berusaha bwt menyesuaikan diri sama menyesuaikan waktu buat kehidupan, plus menyesuaikan waktu bwt bernafas πŸ˜‰ (hehe, gak deh). Life sucks when you start to do something you really don’t know.

Mulai dari kuliah minggu pertama, ampe kerjaan di studio yang mengalir deras bagai air bah di musim kemarau :mrgreen: . Sussaaaaaaah bgt (and I mean it!!) bwt nyari waktu bwt sekedar browsing” dengan santai sambil selonjoran depan kompi tercinto. Dikit” ada kerjaan. Dikit” bikin tugas kampus…. Haduh haduh… (geleng-geleng)

Sebenernya sih bukan tugas kampus, tapi tugas makalah yang musti dikumpul gara” tiang gak ikut GMTI (baca : OSPEK). Gak tanggung”, disuruh bikin makalah 8 biji!!! Tema-nya macem”, trus minimal 25 halaman tiap makalah. Pertama kali denger masih adem ayem ajah. “Ah, 25 halaman ini, donlot di internet juga beres”. Tapi ternyata usaha tiang gak semulus pahanya gajah bunting. Yang ada, malah jadi mati-matian nyari artikel buat genepin itu halaman jadi 25 lembar…. πŸ˜€ SADIS!! Mana kerjaan studio numpuk…. (pas tiang santai aja, kerjaan gk dateng”, geleng geleng lagi…)

Tapi sutralah. Semua udah berlalu. Badai telah usai…. (backsound Chirsye : Badai pasti berlalu). Semuanya selesai dengan mulus… Kaya jalanan baru diaspal… lempeeeeeeeng ajah jalannya πŸ˜€ Plus, bayaran buat web YGKK (cari di postingan sebelum”nye) udah cair…. Hihi, dapet duit…. dapet duit…. Lumayan lah, SKS yang nunggak bisa dilunasin….. (geleng-geleng… eh ngga deh, ngangguk-ngangguk….)

Doain deh, biar semuanya lancar…. Biar semuanya bisa dikerjain dengan baik…. Biar bisa lebih sering lagi posting”…. hehehehehe.

PS (lagi):
sudah malaaam, ayok bobo……. πŸ˜†

Standar
Corat-coret

I’m baaaaack!!!

Well, hello again guys…. WUUiiiihh… udah lama bgt gak nulis disini. Hohoho…. Banyak bgt yang udah terjadi selama kepergian gw akhir” ini. Apa ajah? poko’e BUAAAANNYAAAKK!!! hihi…

First of all, skrg gw fulltime di TAKSU (seenggaknya itu yg gw tau πŸ™‚ ). Trus perwalian di kampus udah lewat, jd sekarang tinggal tunggu kuliah ajah…. Secara, gw gak ikut GMTI (semacem OSPEK). Hihi, kenapa… alasan klasik…. KERJA!!!

Kyknya bulan” ke depan bakal sibuk bgt. Gmn gak cb, pagi jam 8.30 udah di studio… (mangkal…..? gak kok, kerja…kerja!) ijin jam 4 sore, cabut lagi ke kampus… ampe jam 8… (ato jam 9) baru deh pulang ke rumah. Rasanya di rumah cuman numpang tidur doank…. Hiks….

Sebenernya mau cerita banyak, tp besok ajah kali yak. Udah jam 11.48 malem. Ngantuk berat…. So see you guys, have a tight sleep…. πŸ˜€

PS:
tidur…. tidur….. (ZZZzzzzzZ)

Standar
Corat-coret

Ujian Masuk…….

Wuih, udah lama gak blogging….. Hehe….
Mau cerita banyak….

Ehmm….

The reason kenapa gw gk blogging beberapa hari ini, gara” akhir” ini adek gw yg make komputer klo malem”. Biasanya gw nulis pas malem, jd ya, abg kaka yang baek, tidak sombong, dan rajing menabung, gw relain…. πŸ˜€

OK, its about Test di STIKOM. Untuk menindaklanjuti niat gw yang mau masuk STIKOM (ceileh…) akhirnya pas sabtu, 11/07 lalu gw ikut test masuk. Pas pertama denger materi testnya gw udh khawatir aja, MATEMATIKA, Bhs. Inggris, Komputer Dasar, n Pengetahuan umum. Hehe…. Tau ndiri lah gmn reputasinya mas Matematika di kalangan siswa-siswi….

Gw nyampe di STIKOM jm 7.30. Biar gak telat….. Nyampe situ gw lgsg duduk samping resepsionis. Soalnya, pas gw liat ada yang lagi nyerahin Surat Keterangan Sumbangan (gitu kali ye namanya…. ). Gw nunggu, lamaaaaa…. sampe akhirnya satu orang kelar ( ada dua kursi, jd yg dilayanin dua orang…. ngerti?? ) karena mbaknya masih sibuk input data, gw putusin bwt nunggu ampe orang yg atu lagi kelar. Udah nyerahin surat, tuh orang (yg atu lagi… ) gk pergi” jg. Malah masang tampang gak bersalah gt, duduk disitu…. Dikira itu kursi tunggu kali ye….. Lamaaaaaa bgt nungguin tuh orang, akhirnya pergi jg…. Gw liat, yg duluan dari gw koq bangun” jg, malah bisik” di samping gw sama temennya…. Yah, nunggu lagi, gk enak aja, masa nyela antrian…. (gak enaknya jd orang baek”)

Ternyata tuh orang gak bangun” jg. Weh, ya udah deh, nyerah nunggu, gw duluan aja. Dgn diliatin sama satu ruangan… (gila, satu uangan ngeliatin….!!! ) gw menghampiri meja resepsionis. Nyrahin surat, duduk lagi…. Pas gw liat lagi, grujuuuuuugggg,Β  semuanya pada buru” bangun rebutan ke meja resepsionis td…. Weh, ternyata pada nungguin gw neh Hwehehehehe (GR mode : On ) Gw, ketawa-ketiwi ndiri….. πŸ™‚

Tesnya mulai jam 8.15. Telat 15 menit dari jadwal (WITA lagi…..) Gw testnya gak sendiri, ada Koyo a.k.a Suana (sekali lagi, jgn tanya knp jd Koyo, JANGAN!!! ) Testnya pake komputer, bukan lembar soal sama jawaban…. Tinggal klik, klik, klik…. (hemat biaya percetakan…… ) Testnya gw kerjain dari urutan pertama, pengetahuan umum. 10 soal berlalu, gak ada masalah…. Berikutnya, Bahasa Inggris. Karena, ehm…. gampang, dengan cepat terlalui. Trus, Komputer Dasar….. Yah…… lewat…. Yg terakhir… Matematika Dasar (jgn terkecoh sama kata” dasar, dasar…. tp bwt mahasiswa…..!!!!) Puyeng gw…. Gini kira” :

Soal 1 : bengong……..
Soal 2 : megang dagu…..
Soal 3 : Hemmmmmmm……
Soal 4 : Liat kanan kiri…..
Soal 5 : geleng”…..
Soal 6 : ketawa-ketiwi……
Soal 7 : Ngiler….. (hehe gk deh….)
dst….

Gitu deh, pasrah abis…..

Pas tes, gw sempet kenalan sama temen di samping gw. Namanya Boy, dari Timor…. Wehehehe… Gw sempet kagum, dia bela”in ke Bali bwt kuliah……. Salut. Dia lebih tua 2 tahun dari gw. Logatnya Timor abis….. Gw rada” bingung gitu jawabnya…..

Boy : Dari mana….?
Gw : Oh, dari Mengwi (masih mikir dia orang Bali….)
Boy : Hah? Mengwi itu daerah mana..??
Gw : Badung….. (Udah mikir yg aneh”…..)
Boy : oh…..
Gw : Masnya dari mana??
Boy : Timor…..
Gw : (bengong……..) Dari Timor????
Boy : Iya!
Gw : Sudah berapa lama di Bali ? ( mulai niru logat Timor….)
Boy : sudah dua minggu….
Gw : (bengong lagi…….) Dua minggu….???
Boy : Iya….
Gw : Masnya tinggal di mana sekarang ?? (bener gak sih manggilnya mas??? Di Timor, mas itu manggilnya gmn yak??? )
Boy : Di Pelawa…
Gw : Oh…. Lmyn jauh ya….!!
Boy : Jauh…….
Gw : Ohhhh……. (gak tau apa rumah gw lebih jauh lagi……. πŸ˜• )

Ngerti kan knp gw bingung??? Mungkin tipikal orang sana kali ye, singkat, padat, tp gk jelas…. (hehehe… becanda….!!! Pis )

Tesnya lanjut ke pengarahan, trus tes wawancara. Gw udah deg”an. Knp?? Soalnya nama gw kepanggil pertama…. Waduh…. dengan masang tampang kalem, gw masuk ke dalem, buka jaket, trus dipersilahkan duduk. tetep masang senyum yg dimanis”sin. Akhirnya, berlalu dengan sukses….. Cihuy….!!!!

PS :
Hari selasa besok pengumumannya… Lulus gak yah???? (crossing finger….) Udah dulu ah, mo nyetor pagi dulu…. Hehehehehe….. πŸ˜†

Standar
Corat-coret

Kuliah ato Kuli-ah…..

Fiuh…!! it’s been an exhausted day…… capeeekk bgt…

Hari ini, ya seperti hari” lain, gw mulai dgn perasaan males bgn… hehe…. Trus ngelanjutin web di studio, tp bukan web YGKK itu (baca post Web Villa YGKK & Internet Gratis), tp kali ini web studio (yg kasusnya sama, gk kelar” jg…. : D ) meskipun sering ngadat”, tp akhirnya udh selesei 80%!! Cihui…..!!!

OK, to the main topic. Jd gini, gw kan br aja lulus SMK TI, trus mo ngelanjutin ke PT yang sejurusan sama jur. gw di SMK dulu, MULTIMEDIA…. terutama webnya…..

Bingung sih sebenernya, tp gw coba bwt ngelamar ke beberapa PT terkemuka di Bali. Pas Senin kemaren sih udah daftar bwt test di ISI Denpasar, maunya masuk DKV (bwt yg gak tau, DKV itu Design Komunikasi Visual, advertising gitu deh….. klo gak salah….) Baru gw liat materi ujiannya, ternyata eh ternyata nih pemirsa, gw memprediksi bakal di tes, ehm, GAMBAR TANGAN…..!! (tidaaaakkkk….!!!) Secara nih ya, gw gk bisa gambar tangan, bisanya di komputer, itupun masih acak”an…. Yah, parah bgt deh…. Padahal gw dah ngayal” gmn klo udh diterima di situ…. (huahuhuhuhh…….!!! 😦 )

Dan, baru td pagi nih, gw dapet informasi dr Editor di studio (thks berat bli Rus !!), klo mo belajar web mending di STIKOM Bali, setelah mendapat penjelasan panjang lebar yang berakhir dengan didapatkannya luas (lho?), akhirnya gw mutusin bakal daftar di sono….

Nyampe rumah, gw lsg jelasin sama Ibu. Beliau (cieh, gw kan hormat ortu…..) bilang sih okeh” aja, asal emg bener bagus…. pas gw jelasin soal uangnya, Ibu sempet mikir, trus bilang “Waduh, lmyn mahal yah….??”

Gw suka miris klo denger ortu jd mikir ruwet soal duit, apalagi klo bwt gw….. Rasanya pgn cepet” kerjaaa aja, biar Bapak sama Ibu gk usah capek” lg…… Tp Ibu ngelarang, ktanya “mumpung Ibu masih bisa kerja trus biayain kamu, sekolah aja dulu…. ntar klo udh pensiun, siapa yang biayain…..?” Maka dari itu gw bertekad, semasih gw kuliah, dan seterusnya, gw bakal nyari kerja sampingan, ato beasiswa, biar bisa biayain kuliah sendiri. Gw gak mau nyusahin ortu lg… Hopefully….. Semoga Tuhan mendengarkan….. (AMIIIINNNN!!!) tp gw ttp masih pengen kerja dl….

Itu dl bwt hari ini, bsk gw bakal ngerjain kembali Web Villa YGKK yg udah tertunda hari ini, semoga deh tuh Bule cepet” nyadar klo dia udah bikin seorang remaja tak berdosa jd kelabakan gara” revisi yang gak kelar” Hahahahahaha….. πŸ™‚

Have a nice Night guys…..

PS :
OK, mulai sekarang, PS bakal jd cirikhas di blog gw. Jd, tulisan model” ini pasti ada di setiap posting….. At least, ini sebuah awal, kan blog diinget gara” cirikhasnya toh…..

Standar